Thursday, April 12, 2012

Sound Horizon - (1) Band Orkestra Fantasi

Kembali mengulas tentang musisi, kali ini saya mengutip & menerjemahkan artikel wikipedia tentang Sound Horizon. Sebuah band orkestral Jepang yang lagu - lagunya kental dengan nuansa anime. Saya mengenal lagu band ini pertama kali dari game PS2 Chaos Wars, sebuah game strategy RPG yang memiliki konsep menarik karena menggabungkan banyak karakter dari berbagai game yang berbeda. Official soundtrack game ini, "The Endia & The Knights" disusun apik oleh band Sound Horizon ini dan menjadi salah satu lagu kesukaan saya.

MENGENAL SOUND HORIZON

Sound Horizon

Genre: Rock, Art-Rock, Avant-Garde, Rock-Opera, Neoclassical, Progressive metal, Progressive rock, Folk Rock, Symphonic Metal.
Tahun Aktif: 2001 - sekarang.
Label: Bellwood RECORDS (2004-2006), King Records (2006-2011), Pony Canyon (1/10/11 - sekarang)
Website: soundhorizon.com (kunjungi juga: SH wikia dan myspace SH)

Sound Horizon (SH), disingkat sebagai Sanhora (サンホラ) oleh fansnya, adalah sebuah grup musik Jepang dengan komposer Revo sebagai pemimpin. Band ini mengidentifikasikan diri sebagai Band Fantasi dan telah merilis berbagai karya yang mirip musik suite (orkestra lengkap ditambah tari - tarian pula, semacam pertunjukan musik teatrikal).

STYLE BERMUSIK YANG UNIK

Musik SH terutama bergaya omnibus, albumnya berisi beberapa cerita dengan tema berbeda yang menyusun sebuah cerita panjang. Vokal yang dipakai terutama sopran atau meso-sopran. Narasi juga dimasukkan dalam lagu dan pemakaiannya tidak terplot kaku. SH memasukkan gaya anime yang kuat dan jelas dalam musiknya, dan setelah debut besarnya, banyak Seiyū mulai diundang untuk mengisi narasi.

Lirik lagu SH sering misterius dan mengandung metafora yang bahkan lebih daripada musisi J-rock yang lain. Temanya juga bervariasi diangkat dari berbagai hal yang fantastis, seperti kutukan kuno, legenda, mimpi, perang, dan surga untuk nafsu terlarang, kerinduan, obsesi, kejahatan, hubungan, dsb.

RIWAYAT BERMUSIK

SH mulai debutnya dengan Revo merilis kreasi musiknya di websitenya di internet sekitar akhir 1990-an. Pada tahun 2001, SH berpartisipasi di Comic Market sebagai bagian dari musik dōjin dan merilis CD cerita pertama mereka, Chronicle: terdiri dari lagu - lagu instrumental, dengan narasi sesekali serta paduan suara sebagai latar belakang disertai pula efek suara. Keterlibatan menyanyi yang sebenarnya (dengan lirik) mulai dari rilis kedua mereka album Thanatos dan seterusnya. Karya berikutnya dirilis di Comic Market dan M3.

Rilis besar pertama SH adalah pada tahun 2004, yaitu album Elysion ~ Rakuen e no Zensōkyoku ~ (= Elysion ~ Prelude to Paradise ~). Pada maxi-single pertama mereka, "Shonen wa Tsurugi wo ...", yang dirilis 2006, terdapat lagu "Shūtan no Ou to Isekai no Kishi ~ The Endia & The Knights ~", lagu tema game RPG strategi Chaos Wars, dan lagu "Kamigami ga Aishita Rakuen ~ Belle Isle ~", lagu tema pembuka MMORPG Belle Isle.

Tanggal 3 September 2008, SH merilis album Moira. Album ini menampilkan Takashi Utsunomiya dari TM Network sebagai salah satu vokalis. Moira berada di urutan 3 di chart album mingguan Oricon, terjual lebih dari 45.000 kopi dalam minggu awal rilisnya.

SH merilis single "Ido e Itaru Mori e Itaru Ido" pada 16 Juni 2010. Single ini melibatkan gitaris Marty Friedman dan vocaloid Hatsune Miku, bersama dengan voicebank beta untuk vocaloid yang dikenal sebagai "Junger März PROTOTYPE β".

ke (2) Personil
ke (3) Diskografi

sumber