Saturday, March 9, 2013

Hatsune Miku - (1) The 1st Vocaloid Idol

SEKILAS TENTANG VOCALOID

Belakangan ini saya sedang tertarik kepada sebuah program musik bernama Vocaloid. Vocaloid ini adalah  adalah semacam music synthesizer yang tersusun bukan dari suara alat musik tapi vokal manusia yang telah disintesis agar bisa 'menyanyikan' lagu. Bentuknya sendiri mirip dengan Cakewalk atau program midi sequencer lainnya. Jadi ga terlalu sulit untuk pemula yang hanya ingin fun seperti saya. XD

gb1. Program Vocaloid

Pernah dengar band Gorillaz nyanyi, atau Alvin n The Chipmunks? Ya, karakter di Vocaloid adalah karakter penyanyi virtual seperti mereka. Banyak pro kontra mengenai karakter vocaloid ini, karena fakta bahwa fansnya cukup banyak namun karakternya sendiri hanya fiksi belaka. Wkwkwkwk.

HATSUNE MIKU: THE FIRST VOCALOID IDOL

gb2. Hatsune Miku

Profil:
Nama: Hatsune Miku  (初音ミク)
Jenis Kelamin: Perempuan
Umur: 16 tahun
Tinggi badan: 158 cm
Berat badan: 42 kg
Sampel suara: Saki Fujita

Hatsune Miku (初音ミク) adalah merupakan vocaloid pertama untuk seri Vocaloid 2 dan merupakan vocaloid ketiga yang diproduksi Crypton Future Media. (Vocaloid 1: Kaito dan Meiko). Nama Hatsune Miku sendiri terdiri dari gabungan beberapa huruf Jepang. Hatsu (初) artinya pertama, Ne(音) artinya suara, dan Miku(ミク) artinya masa depan (future), jika digabungkan semuanya menjadi "Suara yang Pertama dari Masa Depan". Sampel suaranya diambil dari aktris Jepang, Saki Fujita .

Dirilis pada 31 Agustus 2007, Hatsune Miku merupakan vocaloid yang paling terkenal hingga dia dinobatkan sebagai Vocaloid Idol pertama. Miku telah mengadakan konser di berbagai negara (di Jakarta pernah lo), dan tampil secara live dihadapan para penggemarnya dengan teknologi proyeksi animasi.

sumber: wikipedia, vocaloid wikia